Ketidakharmonisan keluarga biasanya dipicu oleh kurangnya komunikasi antara anggota keluarga yaitu orang tua dan anak. Hal utama yang menadi peyebab adalah pekerjaan dan tuntutan ekonomi. Jika kita menilik kehidupan kota-kota besar, seringkali kita melihat orang tua berangkat pagi sebelum anak bangun dan pulang setelah anak tidur. Sangat sedikit waktu yang tersedia untuk anak. Padahal anak butuh diperhatikan dan dicintai.

Perhatian dan rasa saying orang tua yang tidak punya banyak waktu untuk anak bisa dicurahkan melalui pelukan. Pelukan bisa menimbulkan ikatan batin yang kuat antara anak dan orang tua. Berdasarkan penelitian efek positif berpelukan adalah keluarnya hormone endomorfin dimana hormone ini efektif untuk mengurangi ketegangan syaraf dan menormalkan tekanan darah.

Secara Psikologis pelukan bagi anak bermanfaat untuk:

  1. Memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak

Pelukan orang tua kepada anak akan memberi rasa aman dan nyaman bagi anak. Dengan dipeluk anak merasa terlindungi oleh orang tuanya. Sebagai contoh pada saat anak ketakutan, peluklah si anak maka anak akan merasa aman dan tenang karena ada orang tua yang siap melindunginya

  1. Rasa percaya diri anak meningkat

Pelukan orang tua atas keberhasilan dan kegagalan anak adalah bentuk penerimaan positif atas upaya anak sehingga anak akan bertambah rasa percaya dirinya. Berdasarkan survey anak yang sering dipeluk memiliki tingkat kepercayaan diri lebih tinggi dibandingkan anak yang jarang dipeluk.

  1. Meningkatkan Kemampuan Menekan Depresi

Pelukan orang tua akan dirasakan anak sebagai rasa kebersamaan sehingga akan membantu anak mengurangi rasa kesepian dan depresi.

  1. Menambah sikap positif Optimisme dalam banyak hal

Pelukan akan mempengaruhi cara berpikir anak. Anak yang jarang dipeluk lebih cenderung bersikap pesimis dalam menjalani kehidupan

  1. Bertambahnya rasa sayang anak pada Orang Tua

Pelukan orang tua dapat menambah rasa sayang anak kepada orang tua karena anak akan merasakan cinta sejati dari orang tua.

Pelukan adalah salah cara menyalurkan rasa cinta dan sayang kepada anak. Pelukan dapat berpengaruh bagi perkembangan sikap anak. Anak yang sering dipeluk bisa tumbuh menjadi anak penyayang.

Sebelum berangkat kerja atau pulang kantor, peluklah anak dengan tulus dan curahkan segala rasa saying anda. Jika pulang kantor anak sudah tidur, peluklah anak anda. Ketika anak sedang tidur ia masih berada dalam gelombang alpa dan masih terasa menerima rangsangan dan getaran dari pelukan orang tua.