toko mainan anak
Sedia mainan anak khusus mainan kayu dan mainan kain untuk usia 1-5 tahun. Murah dan sangat aman bagi anak - puzzle,wiregame,color tower,buku kain,flanel board, dadu kain

Mainan Outdoor

Tips memilih mainan anak
Jenis permainan anak untuk mempertajam kecerdasan visual
Tips berbelanja online
Sepeda sebagai teman bermain dan belajar
9 kegiatan bermakna bersama anak

Home

Kini mainan outdoor semakin variatif dan menarik. Mainan outdoor ada yang terbuat dari fiber atau kayu. Modelnya ada yang klasik dan modern. Misalnya: Seluncur, ayunan, jungkat-jungkit,terowongan, dan rumah-rumahan . Jenis mainan anak ini mampu mengasah ketrampilan dan koordinasi motorik anak. Agar terhindar dari cedera maka peran orang tua sebagai pendamping mutlak diperlukan.

Selian fungsi di atas permainan outdoor dapat mengajarkan anak belajar berbagi dengan teman, belajar bergiliran untuk mengantre, juga belajar saling membantu.
Orang tua hendaknya mencermati segi keamanan jenis mainan anak ini. Beberapa tips yang dapat digunakan:

1. Bahan aman
Kayu dan fiber adalah bahan yang aman untuk membuat mainan outdoor. Walau begitu mainan yang berbahan besi seperti ayunan dan seluncur dengan kualitas baik serta mengikuti standar keamanan bisa juga menjadi pilihan.

2. Tepat meletakkan
Seluncur dan jungkat-jungkit hendaknya diletakkan di atas pasir atau rerumputan. Pertimbangkan untuk mengalasi mulut seluncurdan ujung jungkat-jungkit dengan matras agar anak terhindar dari cedera.

3. Supervisi saat bermain
Yang terpenting adalah jangan batasi gerak anak. Fasilitasi gerakannya dengan alat yang memadai  dan aman, serta beri ruang gerak yang cukup. Posisi yang baik saat menjaga  si kecil adalah berdiri disamping mainan agar tak menghalangi pandangan. Jika anak butuh pegangan, ulurkan tangan anda. Jika sudah bisa mengatasi masalah, lepaskan tangan anda. Beri pujian saat berhasil karena dapat mendukung perkembangan kepercayaan diri  si anak.

4. Merawat alat
Bersihkan secara teratur dan letakkanlah mainan di tempat kering jika sedang tidak dipakai. Pastikan alat tidak berlumut. Tutup dengan bahan yang terbuat dari plastic tahan air. Sebelum digunakan pastikan mainan dalam keadaan bersih dan kering.

Sumber: Majalah Ayah Bunda No.15 2007

Copyright©2008-2009 mainan anak All right reserved
mainan outdoor |mainan anak | mainan kayu | mainan kain | permainan anak | toko mainan anak | toko mainan