Bersepeda adalah salah satu aktifitas outdoor yang disukai anak-anak dan orang dewasa. Masing masing orang tua memiliki cara tersendiri mengajarkan anak naik sepeda. Belajar bersepeda yang  baik sebaiknya menyesuaikan dengan tinggi badan anak.
Terdapat tiga ketrampilan dasar yang harus diajarkan kepada anak anda: Mengayuh, Mengemudi, dan Keseimbangan. Dengan menguasai ketiganya memungkinkan anak bisa menaiki sepedanya sendiri.

Bagi kebanyakan anak, sepeda roda tiga adalah langkah pertama dalam belajar bersepeda. Sepeda ini cocok untuk anak usia 1-2 tahun. Idealnya, seorang anak harus mendapatkan sepeda roda tiga bahkan sebelum ia belajar berjalan.Sepeda roda tiga berguna untuk mengajarkan anak mengemudi dan mengayuh. Anak akan belajar mengayuh pedal dengan tenaganya agara sepeda bisa jalan, belajar mengerem.

Jika anak sudah bisa menguasai teknik mengemudi dan mengayuh maka saatnya  belajar dengan menggunakan sepeda yang lebih besar untuk belajar berlatih keseimbangan. Biasanya untuk anak usia 2,5 – 4 tahun kita bisa menggunakan sepeda dengan ukuran roda 12”.  Pilih sepeda yang memiliki roda empat dimana ada roda kecil berpasangan untuk menyangga anak agar tidak jatuh dan paling tidak ketika anak duduk di atas jok kedua kaki sudah bisa menyangga dan menopang berat badannya.

Jika anak sudah merasa nyaman menaikinya, mulailai melepas salah satu roda penyangga  yang ada. Hal ini untuk mengajarkan anak menjaga keseimbangan ketika bersepeda. Latihan keseimbangan ini perlu agar anak tidak mudah jatuh. Berikan pemahaman yang baik agar anak bisa menjaga keseimbangan dengan roda tiga dan berikanlah motivasi yang positif jika anak terjatuh agar anak bisa belajar dari pengalaman dan tidak takut jatuh. Anda bisa mengajarinya di lapangan yang berumput supaya jika jatuh tidak sakit dan terluka. Jika sudah bisa anda bisa mengajarinya melewati jalan yang lebih halus.

Jika anak anda sudah bisa berjalan dengan roda penyangga satu, mulailah sedikit demi sedikit naikkan roda penyangganya agar mengambang. Dari situ anak bisa belajar menjaga keseimbangan. Ketika berlatih pegang sadelnya atau badannya lalu lepaskan sedikit demi sedikit. Dan ikutilah anak dari belakang dan atau dari samping untuk antisipasi jika anak anda akan jatuh. Dengan cara ini, sedikit demi sedikit kepercayaan dirinya akan terbangun. Dalam proses ini yang anda butuhkan hanya kesabaran. Jangan sekali-kali menghakimi kesalah anak karena mereka akan belajar dari pengalaman. Biasanya proses ini membutuhkan waktu kurang lebih seminggu sampai anak anda bisa naik naik sepeda sendiri.

Jika sudah mahir mulailah mengajarkan cara berbelok, mengerem, mulailah beri sedikit rintangan misalnya jalan menanjak,turunan, menghindari batu, menyalip dll.

Ok selamat mencoba.