Bermain menjadi hal yang wajar jika di sukai oleh anak-anak. Beragam tipe permainan berkembang dikalangan anak-anak menyesuaikan perkembangan zaman. Kemajuan teknologi saat ini telah menghasilkan berbagai macam piranti game yang sangat digemari anak-anak, dari game konsol, game tab, online game. Berbeda dengan permainan tradisional yang cinderung banyak dimainkan diluar rumah secara berkelompok, Permainan moderen ini justru cinderung dimainkan di dalam rumah dan individu.

Game sendiri sesungguhnya memiliki dampak positif, salah satunya dapat melatih koordinasi tangan, mata, dan meningkatkan keterampilan anak di bidang komputer. Namun, banyak ditemukan kasus kecanduan game yang bisa membuat anak betah duduk selama berjam-jam untuk memainkan game ini. Sehingga pola hidup seperti pola makan dan tidur tidak teratur. Tentu saja ini akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak.

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan GameSebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi anak kecanduan game, perlu kita ketahui bersama ciri-ciri yang dapat terlihat sehingga dapat dikatakan kecanduan. Berikut ulasannya.

  1. Anak cinderung lupa waktu makan, dan tidur dan malas melakukan aktifitas terutama yang melibatkan pergerakan fisik.
  2. Konsentrasi anak pada kehidupan atau dunia nyata berkurang, cepat bosan, gelisah ketika anak jauh dari dunia
  3. Terlihat begitu senang hanya saat ia memainkan permainan tersebut baik itu di depan komputer, gadget, smartphone, video game dan sebagainya.
  4. Anak lebih tertarik bermain game tersebut dibandingkan bersosialisasi ataupun rekreasi keluar rumah.
  5. Sering mencari alasan agar tetap bisa melakukan aktivitas bermain game
  6. Mata terlihat memerah akibat terlalu lama berhadapan dengan layar.

Bila anak anda kecanduan game, munkin tips mengatasi anak kecanduan game berikut ini dapat anda praktekkan. Sehingga anak dapat tetap produktif, aktif melakukan kegiatan positif, dan bersemangat menjalani kehidupan nyatanya.

  1. Lakukan pendekatan sehingga anda mengenali kecanduan anak dan berikan pengertian akan dampak dari kecanduan tersebut. Sebagai orang tua Anda perlu untuk mengetahui kegemaran anak, jika anak anda senang dan kecanduan dengan bermain game jelas akan memberikan efek yang negatif. Anda perlu untuk memberikan pengertian tentang dampak negatif tersebut dengan cara sederhana dan mudah dimengerti oleh anak. Buatlah kesepakatan bersama untuk batasan waktu untuk anak bermain game tersebut dan atur juga waktu untuk kegiatan-kegiatan lain seperti waktu untuk makan, tidur, belajar dan sebagainya.
  2. Bermain bersama, ada beberapa kasus anak mulai bermain game dan kecanduan akibat dari perasaan sendiri dan kurangnya komunikasi dengan lingkungan. Sehingga ketika anak mencoba bermain game, ia mendapatkan dunia yang ia impikan dan melupakan akan perasaan sendiri serta lingkungan tersebut. Oleh sebab itu, perlu bagi anda untuk meluangkan waktu bermain bersama anak. Anda juga dapat mengajak kerabat lain untuk bermain bersama. Sehingga intensitas anak bermain game berkurang dan hal ini akan baik juga untuk mendekatkan anda dengan anak.
  3. Kenalkan hiburan lain, anda bisa mencari beberapa refrensi hiburan-hiburan untuk anak yang dapat anda kenalkan pada anak anda dan dilakukan bersama keluarga. Baik itu permainan dalam ruangan maupun luar ruangan yang dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi mereka.
  4. Berikan kesibukan yang wajib ia kerjakan. Untuk mengurangi intensitas anak dalam bermain game tersebut, anda dapat melibatkannya dalam kegiatan-kegiatan yang dapat menyibukkannya sehingga ia lupa akan game tersebut. Namun, hindari pemaksaan pada anak. Karena hal tersebut justru akan membuat anak merasa tidak nyaman dan akan lebih menyukai game nya sebagai pelarian.
  5. Mengatasi timbulnya kembali kecanduan, hal ini merupakan tantangan tersulit bagi orang tua untuk tetap menjaga anaknya kembali kecanduan akan game. Kenali hobi anak atau kegemaran anak yang lain dan sibukkan ia dengan hobi lain tersebut. Hal ini dapat menghindari kembalinya anak untuk kecanduan game. Anda juga perlu menjaga komunikasi yang baik dan terbuka dengan anak, sehingga bila ada hal-hal yang membuatnya tertekan ia akan menceritakannya secara terbuka dengan anda, dan anda dapat membantunya memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi sehingga anak tidak lagi lari ke dunia game.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Game, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca setia. Terimakasih.