Tersedak merupakan kondisi yang berbahaya bagi anak-anak terutama jika tidak diketahui oleh orangtua. Tersedak sering terjadi pada anak yang berusia kurang dari 3 tahun, dikarenakan sistem mekanik pada anak belum sempurna. terlebih anak masih menggunakan mulutnya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar, oleh sebab itu bukan hal aneh jika benda-benda yang bukan makanan pun dimasukkannya ke dalam mulut. Untuk menghindari hal-hal berbahaya, pengawasan adalah hal yang paling utama.

Bila anak tersedak, untuk mengurangi akibat-akibat berbahaya, orangtua harus mengetahui apa yang harus dilakukan dalam menghadapi kasus ini. Mengambil tindakan memaksa anak untuk muntah merupakan hal yang kurang tepat, sebaiknya anak perlu dibawa ke dokter yang lebih memahami. Jika anak terbatuk-batuk setelah menelan sesuatu, suruh dia untuk melanjutkan batuknya dan jangan menyuruhnya untuk berhenti. Namun apabila anak tidak bisa batuk lagi dan semakin sulit untuk bernapas, sebaiknya segera gunakan prosedur “five and five” sebagai pertolongan pertama dalam kasus tersedak:

  • Pertama, berikan lima tepukan antara tulang belikat anak dengan tumit telapak tangan Anda.
  • Selanjutnya, berikan lima tekanan pada perut (juga dikenal sebagai manuver Hemlich). Untuk bayi, lakukan penekanan pada dada karena menekan perut dapat menyebabkan cedera.
  • Lakukan bergantian antara tepukan pada punggung dan tekanan pada perut atau dada sampai tenggorokan tak lagi tersumbat. Pada saat yang sama, seseorang sebaiknya memanggil bantuan medis.
  • Pada bayi, orangtua bisa meletakkan bayi dengan posisi telungkup dan kepala lebih rendah. Kemudian tepuk lembut punggung bayi menggunakan tumit telapak tangan. Kombinasi antara gravitasi dan kekuatan dari tepukan tangan akan mengeluarkan obyek yang menghalangi saluran pernapasan bayi.
  • Selain itu sebaiknya orangtua tidak memasukkan jari ke rongga mulut anak karena dapat membuat benda tersebut semakin masuk ke dalam saluran pernapasan.

Demikian artikel tentang bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Tersedak, semoga bermanfaat bagi pembaca setia. Terimakasih