Epitaxis atau lebih akrab di sapa mimisan sering kali membuat panik orang tua saat anaknya mengalami mimisan. Perlu menjadi pengetahuan bagi orang tua, bahwa mimisan adalah kondisi yang sering terjadi dan umumnya tidak membahayakan jiwa. Pendarahan yang keluar melalui satu atau kedua rongga hidung ini dapat disebabkan karena rusaknya selaput lender tipis yang terdapat dalam hidung dan akan berhenti ketika darah telah membeku dengan durasi atau rentang waktu yang berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa detik, ada juga yang sampai 5 menit. Agar orang tua tidak menjadi panik ketika anaknya mengalami mimisan, dan bingung apa yang harus dilakukan. Berikut ini kami berikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi mimisan yang terjadi pada anak anda.

  1. Upayakan anak untuk duduk, karena dengan duduk akan mengurangi tekanan darah pada bagian atas sehingga dapat mengurangi keluarnya darah.
  2. Condongkan tubuh anak ke depan sehingga darah tidak masuk ke tenggorokan.
  3. Bersihkan darah yang keluar dengan tisu atau lainnya, upayakan agar tidak masuk ke mulut karena menelan darah akan memicu keinginan untuk muntah.
  4. Pencet hidung dengan telunjuk dan ibu jari, katakan pada anak untuk bernafas melalui mulut untuk sementara.
  5. Kompres hidung dengan handuk yang dibasahi air dingin. Agar mempercepat pembekuan darah.
  6. Setelah itu, mintalah anak Anda untuk duduk bersandar namun posisi kepala sedikit menunduk. Sambil menunggu darah berhenti keluar.
  7. Orang tua tidak perlu panik bila pada saat mimisan anak batuk atau muntah yang mengandung sedikit darah, karena darah itu bukan berasal dari paru-paru namun hasil pembuangan darah yang masuk ke tenggorokan.
  8. Jika setelah 10 menit darah masih mengalir, dan disertai demam. Bawalah segera anak ke dokter. Ada kemungkinan mimisan itu adalah indikasi penyakit lain yang lebih serius. Selama perjalanan menuju Rumah Sakit usahakan anak agar selalu dalam posisi duduk menyandar dengan hidung disumbat sapu tangan bersih atau kain kasa agar tidak terus mengalir.

Demikian artikel tentang cara mengatasi anak yang mimisan ini, Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca setia. Terimakasih.