Sebagai orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk juga dalam hal belajar. Orangtua ingin anaknya rajin belajar dan bersemangat, Namun orangtua tidak dapat memaksa anaknya untuk bersemangat dalam belajar.  semangat dalam belajar ini perlu di asah dan dibinah oleh orangtua semenjak anak masih kecil. Berikut ini beberapa cara menumbuhkan semangat belajar terutama pada anak-anak.

Mengenali karakter anak, sebagai orang tua wajib mengetahui karakter anaknya sehingga jika orangtua mengenali dan mengetahui karakter anak, akan lebih mudah mencari metode atau cara untuk menumbuhkan semangat belajarnya. Seperti menyesuaikan gaya belajar dengan karakter anak, ketika anak lebih peka belajar dengan motorik atau gerakannya libatkanlah gerakan untuk memberikan pemahaman tentang hal yang dipelajarai.  Dengan metode yang sesuai dengan karakter, anak akan lebih senang dan beban kesulitan dalam belajar akan sangat berkurang. Ia akan mudah paham dan bila dibiasakan ia akan membawa cara belajar ini sampai dewasa kelak.

Belajar sambil bermain, cara ini akan efektif saat anak masih kecil, keinginan anak untuk bermain dan eksplorasi hal-hal baru dapat menjadi nilai plus untuk menumbuhkan semangat belajarnya. Jangan berikan larangan berupa gertakan atau marah, berikanlah pengertian yang benar dan baik yang disampaikan dengan bahasa bersahabat. Sehingga rasa ingin tau anak tidak hilang akibat larangan dan takut akan mencari hal-hal baru karena terbiasa di gertak / bentak waktu kecil. Ciptakanlah suasana bermain saat sedang belajar, hal ini akan sangat membantu dalam menumbuhkan semangat belajar anak. Semisalkan belajar menulis dengan menggunakan gambar ataupun alat tulis yang berwarna warni. Sehingga imajinasi kreatifitas dan rasa senang anak tidak hilang. Berikan juga jeda, sehingga anak anda tidak merasa bosan dengan hal yang dipelajari.

Hargai prestasi anak, agar anak lebih termotivasi dan semangat dalam belajar selalu berikan penghargaan atau reward agar anak merasa senang saat ia  berhasil dalam belajarnya. Penghargaan tidak hanya sebatas barang namun perlu diperhatikan juga rasa kasih dan pujian yang perlu anda sampaikan dengan kontak langsung pada anak. Semisal ketika anak anda berhasil menuliskan huruf dengan dengan benar berikan pujian pada anak, ketika ia berhasil menuliskan huruf A-Z dengan benar berikan pelukan hangat serta pujian ataupun dengan mengecup kening anak anda setelah memberikan pujian. Hal ini selain dapat memotivasi semangat belajar anak juga dapat memberikan kedekatan emosional dan komunikasi antara orangtua dengan anak.

Pendampingan dan dukungan, motivasi tidak lepas dari pendampingan dan dukungan terutama bila anak mengalami kesulitan dalam belajar ataupun melakukan kesalahan berikan ia dukungan lebih. Hal yang perlu di ingat adalah hindari bentakkan atau marah saat anak melakukan kesalahan, sebaliknya berikan ia dukungan, luangkan waktu untuk berkomunikasi atau berdiskusi dengan anak sehingga halangan atau kesulitan ataupun ketidakpahaman anak mendapatkan solusi tanpa rasa takut.

Demikianlah beberapa tips atau cara agar anak bersemangat dalam belajar, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca setia. Pendampingan serta dukungan akan sangat berarti untuk menumbuhkan semangat belajar. Terimakasih.