Kamar bagi anak adalah ruangan untuk anak bermain dan belajar. Desain dan penataan ruang di kamar anak bisa membantu dalam tumbuh kembang dan merangsang kecerdasan anak. Tentunya tidak hanya desain saja yang harus diperhatikan tetapi juga faktor kebersihan dan kesehatan pula. Ketika berada di kamarnya, anak kita bisa senang dan betah.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan orang tua ketika ingin membuat kamar untuk anak antara lain adalah dekorasi, pencahayaan, ventilasi udara dan pemilihan perabotan yang tepat dan multiguna.

Nah terkait dengan desain, orang tua sebaiknya menyesuaikan dengan umur dan jenis kelamin anak laki-laki atau perempuan. Orang tua bisa memilihkan warna dan motif dinding untuk kamar anak. Dalam pemilihan ini anak bisa diajak untuk memilih sendiri warna dan motif dindingnya dan cobalah mengajaknya berkomunikasi.

Untuk desain kamar anak umur 1-5 tahun bisa menggunakan warna-warna cerah dan wallpaper dinding bermotif kartun anak misalnya. Anak bisa lebih mudah mengenal dan belajar tentang warna. Tambahkan perabot kamar yang menarik seperti tempat tidur, meja belajar, karpet, dan box mainan untuk menyimpan mainannya serta keranjang sampah. Sebaiknya tambahkan  buku-buku anak dan mainan anak yang edukatif di kamar anak untuk merangsang kecerdasannya.

Dalam hal pencahayaan kamar sebaiknya jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup. Jika terlalu redup atau terang akan mengakibatkan anak cepat ngantuk atau pusing. Anda bisa menggunakan lampu berdaya 10-12 Watt. Gunakanlah lampu putih karena kamar akan terasa lebih sejuk, terang, dan nyaman.

Pergantian udara perlu juga dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan kamar anak. Tidak hanya cukup dengan memasang AC di kamar anak.  Buatlah ventilasi dikamar anak untuk memungkinkan pergantian udara dan cahaya matahari masuk ke kamar. Adanya cahaya matahari yang masuk ke kamar bisa membunuh bakteri yang ada di dalam kamar.

Orang tua bisa memberi contoh kepada anak dalam hal kebersihan kamar anak. Bersihkan dan rapikan kamar anak setiap hari. Hal ini dapat mendorong anak untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan kamar karena anak dibiasakan melihat kamar yang bersih dan tertata rapi.

Dengan tips di atas semoga bisa membantu orang tua dalam mendesain kamar anak untuk merangsang kecerdasannya. Ingat kamar yang bersih, rapi , dan sehat bisa meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar. Ketika anak merasa senang dan nyaman di kamar, mereka akan senang belajar dan apa yang dipelajari akan lebih mudah diterima.