Imaginasi merupakan aktifitas otak kanan bermanfaat mengasah kecerdasan anak. Anak berimaginasi karena rasa ingin tahunya. Anak selalu ingin menggali apa yang belum mereka ketahui dengan melihat dari banyak sudut pandang. Oleh karena itu mereka bisa memecahkan suatu masalah dengan lebih cepat dan mudah.

Dalam kehidupan keseharian, kita sering melihat anak bercerita sendiri bermain peran dengan temannya adalah contoh imaginasi anak. Anak akan berimaginasi terus meningkat seiiring kemampuannya berbicara. Imaginasi pada anak bisa mendorong anak bisa berpikir lebih kreatif dan cerdas. Melihat persoalan dari banyak sudut pandang dan memecahkannya.

Selain itu Berimaginasi pada anak juga memiliki manfaat lainnya sebagai berikut:

  1. Berimaginasi bisa membuat anak terampil berkomunikasi dan mudah bersosialisasi
  2. Berimaginasi bisa menumbuhkan minat dan bakat anak.
  3. Berimaginasi dapat membuat anak lebih kreatif dan pandai menganalisa masalah
  4. Berimaginasi bisa membuat anak menjadi pemikir ulung.

Sebagai orang tua sebaiknya anda  bisa memberikan dorongan motivasi kepada anak untuk mengembangkan imaginasinya.  Beberapa tindakan yang orang tua bisa lakukan untuk mengembangkan imaginasi anak:

  1. Mendongeng atau Membacakan cerita. Cerita dapat mengembangkan imaginasi anak. Anak bisa berimaginasi dengan tokoh-tokoh dalam cerita dan bermain peran. Mereka bisa berimaginasi menjadi tokoh yang baik dan tokoh yang jahat sehingga anak akan tahu apa dan bagaimana jika mereka menjadi orang baik atau orang jahat.
  2. Biarkan dan dengarkan anak bercerita sendiri dengan imaginasinya. Sebagi orang tua jangan risau dan terganggu ketika melihat anak ngomong sendiri dan berimaginasi sambil memainkan peran menggunakan boneka tangan misalnya.
  3. Orang tua dapat menyiapkan suasana nyaman bagi anak yang mendorong anak bisa mengembangkan imaginasinya. Misalnya menyiapkan kamar anak dengan desain yang menarik yang mereka sukai.
  4. Orang tua bisa menyediakan mainan-mainan edukatif yang bisa merangsang imaginasinya seperti Cityblock , permainan merakit , dan permainan peran dengan perlatan dokter,memasak,teknisi dll.
  5. Ajaklah anak berlibur ke alam dan mintalah mereka menggambar dan membayangkan apa yang mereka lihat. Biarkan mereka berimaginasi  sendiri.
  6. Orang tua bisa mengajak anak berkreasi dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kita. Misal membuat lukisan dengan daun-daunan, membuat lampion, dll.
  7. Orang tua bisa memberikan reward atas hasil kreasi imaginasi yang dilakukan oleh anak. Jangan mencela dan mencacat imaginasinya. Jika ini terjadi maka imaginasi anak akan terkikis habis dan anak bisa menjadi pemalu,penakut, dan kurang percaya diri.
  8. Mengembangkan imaginasi bisa dilakukan dengan banyak membaca buku. Tanamkanlah kebiasaan suka membaca pada anak. Akan banyak pengalaman yang akan dipetik dari membaca. Anak bisa berimaginasi dari apa yang mereka baca.

Kemampuan imaginasi yang terpupuk sejak dari kecil akan menjadikan anak kreatif dan berhasil di masa yang akan datang. Selain itu akan tumbuh sifat dan sikap positif pada diri anak. Banyak kisah sukses berawal dari imaginasi. Dari imaginasi inilah mereka berusaha menjadikannya sebagai sebuah realitas yang memudahkan mereka mengatasi masalah kehidupan.

Semoga sedikit tips ini bisa membantu para orang tua untuk mengembangkan imaginasi anak.