Demam pada tubuh anak adalah pertanda  tubuh sedang melawan infeksi. Orang tua harus tahu bahwa tidak semua demam itu harus diobati. Pada saat demam biasanya disertai dengan tanda tanda kulit memerah, anak berkeringat, dan suhu tubuh meningkat. Jika demamnya tinggi bisa menyebabkan anak gelisah dan susah tidur bahkan bisa terjadi dehidrasi jika anak kurang minum.

Demam pada anak bisa disebabkan karena beberapa faktor misalnya infeksi, imunisasi, tumbuhnya gigi. Tapi Demam belum menjadi persoalan yang serius  ketika kondisi anak masih baik semisal:

  •     Anak masih tertarik dan aktif  bermain
  •     Pola makan dan minum masih teratur dan baik
  •     Anak masih terlihat riang tidak lemas
  •     Warna kulitnya normal
  •     Anak masih bisa buang air secara normal

Dalam kondisi di atas, belum perlu diberikan obat-obatan penurun panas. Perlu diketahui bahwa suhu tubuh normal anak anak adalah 37 Derajat Celcius. Ketika Demam suhu tubuh akan meningkat. Bagi orang tua harus selalu mengontrol suhu tubuh pada saat demam  dan mengetahui gejala-gejala yang menyertainya agar anak bisa diberikan penanganan lebih dini untuk diberikan pertolongan pertama dan selanjutnya segera dibawa ke dokter.

Jika kondisi demam anak masih belum serius, anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Ketika memandikan anak gunakanlah air hangat.
  2. Pada saat tidur tutuplah bagian tubuhnya dengan selimut yang tipis jangan terlalu tebal
  3. Buatlah suhu ruangan kamar tidak terlalu dingin atau panas. Aturlah suhunya agar anak nyaman pada saat tidur.
  4. Biarkan anak memilih makanan yang disukainya. Jika perut terisi maka akan bisa menambah energi pada tubuhnya untuk menetralisir demam.
  5. Pastikan anak bisa beristirahat dengan cukup waktu.
  6. Temani anak ketika demam dengan mendongeng atau bercerita.
  7. Pelukan bunda kepada anak pada saat demam bisa menetralisir suhu tubuh anak

Sebaliknya ketika kondisi demam anak disertai gejala gejala seperti badan lemas,warna kulit berubah, anak tidak nafsu makan, kurang minum, muntah, diare,sakit ditenggorokan, susah bernafas, atau sakit kepala maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diagnosis penyakit karena demam bisa menjadi pertanda suatu penyakit yang berbahaya.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk ayah bunda ketika buah hati tercinta mengalami demam. Yang terpenting adalah jangan bersikap panik.