Imun atau kekebalan tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan terutama pada anak-anak. Kata imun berasal dari bahasa latin immunitas yang berarti kekebalan. Sistem imun berarti suatu sistem yang berada dalam tubuh dan merupakan hasil serangkaian proses sehingga terbentuk zat dan sel yang secara fungsional berperan penting melawan zat asing saat masuk kedalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan. Jika sistem imun ini melemah akan berakibat perlindungan tubuh juga melemah sehingga bakteri atau virus mudah menyerang tubuh.

Pada anak-anak sistem kekebalan tubuhnya belum berfungsi atau bekerja secara optimal, sehingga tubuh anak-anak rentan terkena penyakit. Sistem imun pada anak dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu imunisasi aktif serta imunisasi pasif. Imunisasi aktif berfungsi untuk melawan zat asing dengan melemahkan zat tersebut saat masuk kedalam tubuh anak sekaligus membentuk antibody, sedangkan untuk imunisasi pasif dilakukan dengan menyuntikkan antibody pada anak sehingga kadar antibodynya bertambah. Agar sistem imun anak meningkat salah satu caranya adalah memberikan ASI secara ekslusif.
Pemberian Air Susu Ibu secara ekslusif paling tidak selama 6 bulan menjadi salah satu cara agar sistem imun pada anak meningkat. Kandungan yang terdapat dalam ASI dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan pada anak. ASI juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang bayi semisal gangguan pencernaan atau gangguan pernafasan selain itu, ASI dapat membantu sel-sel otak anak berkembang

Seorang ibu direkomendasikan untuk memberikan ASI secara eksklusif pada bayi setidaknya selama 6 bulan. Setelah 6 bulan tersebut pemberian ASI dapat dikombinasikan dengan makanan padat setidaknya 12 – 24 bulan disesuaikan dengan keinginan. Berikut Manfaat ASI untuk Sistem Kekebalan Tubuh Anak berdasarkan lama waktu pemberiannya dari mulai bayi lahir.

  • Menyusui hanya dalam beberapa hari. Manfaat : Penerimaan kolostrum oleh anak yang berguna untuk penyedia antibodi dan menjadi sumber makanan pada tubuh barunya, serta akan membantu berkerjanya sistem pencernaan anak dengan lancar.
  • Memberikan ASI Ekslusif pada bayi selama 4-6 minggu. Manfaat : Kekebalan tubuh anak akan lebih baik dari pada anak yang tidak mengkonsumsi ASI selama waktu tersebut.
  • Memberikan ASI Ekslusif pada bayi selama 3 – 4 bulan. Manfaat : Sistem pencernaan bayi akan lebih sempurna dan fungsi kekebalan tubuhnya juga akan lebih optimal. Hanya memberikan ASI selama 4 bulan pertama tanpa tambahan asupan lain akan melindungi bayi dari alergi dan menambah perlindungan terhadap infeksi di telinga selama satu tahun.
  • Memberikan ASI Ekslusif pada bayi selama 6 bulan. Manfaat : Dengan memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan tanpa menambah asupan lain baik makanan atau minuman akan memberikan kesehatan yang baik selama satu tahun pertama, Serta menambah kemungkinan terhindar dari infeksi telinga dan kanker pada anak Anda. Selain itu manfaat yang didapat oleh ibu akan mengurangi resiko kangker payudara.
  • Memberikan ASI Eksklusif selama 9 bulan. Manfaat : Perkembangan otak dan tubuh anak akan lebih maksimal karena asupan ASI yang cukup.
  • Memberkan ASI Eksklusif selama 1-2 tahun. Manfaat : Hemat dari pada menggunakan susu bayi botol / formula. Setelah 1 tahun anak sudah dapat memakan makanan lebih bervariasi sebagai pendamping ASI. Sistem kekebalan tubuh anak akan lebih kuat dan resiko terserang penyakit akan berkurang.

Demikian artikel tentang Manfaat ASI untuk Sistem Kekebalan Tubuh Anak. Semoga artikel ini dapat berguna bagi pembaca setia, Terimakasih.

.