Anak-anak suka bermain air apalagi di minta berlama-lama mandi sambil bermain air. Ternyata tidak ada ruginya mengajari anak berenang sejak dini. Bahkan hal tersebut dapat merangsang perkembangan psikologis dan kecerdasan anak secara alami. Melewatkan masa liburan sekolah dengan berenang bersama anak merupakan hal yang menyenangkan.

Namun tahukah Anda dibalik kegiatan tersebut memiliki manfaat yang positif? Berikut ini beberapa ulasan tentang manfaat berenang untuk anak.

  1. Dapat meningkatkan IQ anak , Saat berenang tubuh anak akan aktif bergerak secara bebas, pergerakan tubuh tersebut akan merangsang perkembangan otak anak.
  2. Berenang akan memberikan stimulasi pada motorik anak. gerakan-gerakan didalam air secara bebas akan menguatkan otot serta merangsang saraf-saraf pada tubuh anak, meskipun gerakan anak dalam berenang belum sempurna.
  3. Berenang juga dapat melatih rasa percaya diri dan keberanian anak. Anak yang melihat kolam renang yang luas akan membuat anak tertarik menjelajahinya, sehingga akan lebih melatih anak untuk percaya diri serta keberaniannya. AKan akan mencoba permainan-permainan yang tersedia di area kolam renang. Hal ini jelas perlu pendampingan dari orang tua, manfaatnya akan membuat ikatan emosi lebih dekat apabila orang tua selalu berada di dekat anak saat mencoba permainan baru.
  4. Berenang juga akan melatih kemampuan sosial anak, berenang bersama-sama di kolam renang umum akan membuat anak beradaptasi dengan keramaian serta bersosialisasi dengan teman yang lain. Oleh karena itu, berikanlah kesempatan pada anak untuk berpetualang di area tersebut dan berikan kesempatan anak untuk mengobrol dengan teman barunya di kolam renang.
  5. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak, Jangan takut anak akan masuk angin atau sakit bila berenang. selama dilakukan degan benar berenang justru akan meningkatkan daya tahan anak. Gerakan yang dilakukan saat berenang akan memperlancar sirkulasi darah dan kerja organ-organ tubuhnya.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat berenang untuk anak. semoga bermanfaat juga untuk pembaca. terimakasih.