Monopoly, pasti anda familiar dengan permainan ini. Sebenarnya, permainan ini tidak hanya memberikan hiburan semata untuk Pemainnya, Permainan ini sesungguhnya memberi pelajaran tentang keuangan. Berikut adalah beberapa manfaat atau pelajaran yang bisa Anda atau anak anda dapatkan dari permainan Monopoly.

  • Meningkatkan interaksi sosial, interaksi antara pemain monopoly dapat mengasah atau meningkatkan kemampuan sosial anak dengan teman-teman atau kerabatnya. Di zaman serba gadget saat ini, Anda perlu memperhatikan keterampilan komunikasi anak Anda secara ekstra.
  • Mengasah keterampilan, permainan ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menguji kecerdasan individu, strategi dan keterampilan. Selain itu, anak Anda akan dilatih untuk memahami dan bereaksi terhadap situasi yang berbeda. Terlebih lagi, anak Anda akan belajar tentang warna, bentuk, angka, berhitung dan sebagainya dengan cepat ketika mereka bermainan monompoli.
  • Mengelakan pelajaran hidup, Permainan ular tangga akan mengajarkan anak Anda berhitung. Demikian juga dengan permainan monopoli yang mengasah keterampilan strategi dan menggunakan uang secara bijak. Ketika kalah atau bangkrut anak akan mendapat pelajaran dan akan belajar mengatasi hal serupa pada permainan di kesempatan lain.
  • Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting bagi setiap anak. Permainan monopoli juga akan mengasah kemampuan anak Anda dalam menghadapi, merespon serta mengatasi masalah. dalam hal ini permasalahan yang terjadi selama bermain.
  • Mengatasi kesulitan, tak jarang kesialan terjadi ketika melempar dadu monopoli, misalkan mendapat angka yang berakibat mampir pada salah satu hotel lawan dengan sewa tinggi dan diharuskan membayar denda. Bermain monopoli membuat anak harus bisa mengatasi masalah ini dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat. Semakin tajam kemampuan anak untuk menyelesaikan atau mengatasi masalah keuangan di permainan monopoli, maka semakin mahir juga anak mengatasi masalah di dunia nyata.
  • Hindari hutang, Dalam permainan Monopoli pemain diperbolehkan meminjam uang pada Bank atau menghutang pada lawan main. Meski awalnya ini bisa memudahkan, namun pada akhirnya terlalu banyak hutang akan menyulitkan diri sendiri. Begitu juga di dunia nyata. Banyak hutang akan membuat hidup semakin sulit. ajarkan menghindari hutang pada anak anda selama bermain, dengan memperingatkan dampaknya.
  • Mengatur uang dengan bijak. Monopoli tidak bisa dimenangkan dengan sikap pasif, pemain juga harus berani mengambil resiko untuk mengeluarkan uang untuk mengembangkan aset. Ini perlu untuk menutup kesempatan musuh mengambil banyak uang dari pemain. Pemain harus dapat membagi berapa banyak uang yang harus di investasikan dan berapa banyak uang yang harus di simpan. Pelajaran ini juga bisa diterapkan didunia nyata. Seseorang harus memiliki tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dan tidak menghabiskan semua uang untuk membeli aset atau hal-hal yang tidak dibutuhkan.
  • Ketahui tujuan, Seperti permainan lainnya, monopoli memiliki tujuan yang jelas. Bagi kebanyakan orang, tujuannya bisa membuat pemain lain bangkrut atau memenangkan permainan. Setelah menentukan tujuan baru Anda bisa membuat rencana untuk menjalankannya. Hal ini dapat menjadi pelajaran di kehidupan nyata, setiap hal yang akan diperbuat harus memiliki tujuan yang pasti.
  • Evektifitas keuangan dan negosiasi, dalam permainan monopoly, pemain sering kali harus mengeluarkan beberapa akses untuk mendapatkan kelompok warna yang potensial. Hal ini akan melatih kemampuan negosiasi karena pemain harus pandai bernegosiasi dengan pemain lain.

Demikian beberapa manfaat bermain monopoli yang dapat diterapkan pada dunia nyata, terutama manfaat melatih kemampuan dan keterampilan yang dapat menjadi salah satu permainan pilihan Anda untuk diajarkan pada anak Anda. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca, Terimakasih .