Mengisi liburan dengan berwisata bersama anak memang menyenangkan. Melihat anak riang gembira berlarian mencoba berbagai macam fasilitas yang tersedia di tempat kunjungan wisata, akan membuat anda merasa ikut senang. Namun, memilih liburan berwisata memang perlu persiapan yang lebih. Dari segi ekonomi, waktu, tempat perlu banyak memilih. Nah, artikel kali ini akan mencoba memberikan referensi lain. Untuk mengisi liburan anak-anak anda, bagaimana bila memilih kegiatan Outbound.

Secara umum kegiatan outbound dilakukan di alam terbuka dengan macam-macam bentuk permainan. Kegiatan-kegiatan yang dapat memacu adrenali anak anda dan meningkatkan keberanian anak ini dilakukan secara beramai-ramai sehingga dapat melatih sosial anak juga dengan berinteraksi antar teman sebaya. Plus kegiatan ini juga sehat, karena anak akan dituntut untuk bergerak ada yang memanjat tali, berlari, menjaga keseimbangan dan banyak lagi.

Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut ini akan di ulas beberapa manfaat outbound bagi anak.

  1. Rasa percaya diri, Kegiatan Outbound akan meningkatkan rasa percaya diri anak melalui berbagai jenis permainan yang menantang, seperti flying fox, menyebrang melalui anyaman tali tambang, atau lainnya. Pada awalnya pasti akan ada rasa takut dari anak, namun rasa itu akan menghilang seketika ketika ia telah melewati tantangan tersebut, karena akan muncul perasaan senang dan bangga pada dirinya sehingga ini akan meningkatkan rasa percaya diri pada anak anda.
  2. Kemampuan sosial, Ada beberapa kegiatan outbound yang harus dimainkan oleh beberapa orang secara bersamaan (tim). Di kegiatan seperti ini, anak akan terbiasa berbaur dengan teman-teman baru dan akan melatih kemampuan sosialnya baik itu dengan cara berkoordinasi ataupun berkomunikasi.
  3. Mandiri, selain percaya diri anak juga akan terlatih untuk mandiri. Rekomendasi sekali untuk anak yang masih sangat tergantung (manja), kegiatan ini dapat melatih anak agar dapat mengandalkan diri mereka sendiri karena orang tua tidak akan campur tangan saat mengikuti outbound.
  4. Melatih motorik anak, Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka ini akan memerlukan kegiatan fisik yang ekstra, seperti memanjat, menarik, berlari ataupun mendorong. Sehingga otot-otot anak akan terlatih yang tentu saja akan menjadikan anak semakin sehat.
  5. Pemecahan masalah, ada beberapa kegiatan outbound yang menuntut peserta memeahkan suatu permasalahan tertentu agar dapat melewati rintangan tersebut. Bisa mandiri maupun secara tim tergantung dari apa yang disiapkan pengurus outbound. Di sini anak akan terlatih berfikir untuk memecahkan suatu permasalahan.

Demikian beberapa manfaat dari kegiatan Outbound bagi anak, tidak ada salahnya jika Anda mengisi waktu liburan singkat dengan memilih kegiatan yang satu ini. Selain sehat secara fisik juga baik secara pisikologis untuk anak. Outbound juga sering diadakan bersamaan dengan kegiatan kemah. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi pembaca setia dan bermanfaat. Terimakasih.