Liburan itu penting. Lebih penting dari sekadar bersenang-senang atau pelesir, ternyata mengalokasikan waktu berlibur saat akhir pekan menyumbangkan banyak manfaat. Lebih utamanya jika memanfaatkan liburan outdoor.

Liburan outdoor dimaksudkan liburan di luar ruangan di alam bebas. Anak bisa merasakan,mengamati,mendengar apa yang sesungguhnya ada di alam. Hal hal nyata dan baru akan mereka dapatkan. Menghirup udara segar, mendapatkan gambaran jelas tentang air,sungai,pemandangan, gunung,sawah,petani dll.

Alam menyediakan tempat yang luas untuk bergerak. Alam juga menawarkan ekspresi emosional yang seluas-luasnya. Mereka bisa berteriak bebas, berlarian ke sana kemari, dan bebas beraktivitas.

Menurut psikolog Tika Bisono, liburan outdoor merupakan one-stop edutainment yang bisa mengasah beragam kecerdasan anak hanya dalam sekali waktu. Selain spasial dan intrapersonal, setidaknya ada lima kecerdasan lain yang juga dipertajam melalui aktivitas liburan di alam, yaitu naturalistik, spiritual, linguistik, interpersonal, dan intrapersonal.

Liburan Outdoor akan semakin lengkap jika mengikutsertakan peran orang tua. Orang tua harus Aktif menjalin komunikasi dengan anak. Anak akan lebih sering mengeksplorasi alam dengan bertanya. Jawablah semua pertanyaan mereka dengan bijaksana dan cobalah bertanya hal-hal ringan kepada anak. Dengan demikian liburan outdoor bisa sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan keluarga dan meningkatkan kecerdasan anak.

Nah berikut ini tips memilih liburan outdoor yang cocok untuk buah hati:

  1. Pertimbangkan keamanan dan kenyamanan objek wisata untuk si buah hati.
  2. Ajaklah diskusi anak dengan pilihan tempat-tempat wisata yang sudah ada dibenak anda.
  3. Cobalah menilai dan mengevaluasi seberapa besar manfaat anda mengunjungi objek wisata untuk anak.
  4. Jadikan momen liburan outdoor menyenangkan dengan berfoto bersama guna merangsang daya ingat mereka jika mereka dewasa. Anak nantinya bisa bercerita dan berbagi dengan teman-temannya.
  5. Pertimbangkan cuaca penting agar liburan outdoor anak tidak terganggu.
  6. Bawalah perlengkapan P3K secukupnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.