Pijat merupakan salah satu cara relaksasi yang sudah dikenal secara turun temurun di indonesia. Ahli kesehatan juga telah mengakui manfaat dari pijat selain untuk merelaksasikan fisik juga berguna untuk relaksasi otak. Nah, bagaimana bila pijatan anda lakukan pada anak anda? Selama ini ada cara pijatan untuk anak yang sering disebut juga pijat bayi. Apa saja manfaat pijat ini untuk anak Anda? Berikut akan diulas beberapa manfaat dari pijat bayi untuk anak.

  • Pernyataan kasih sayang, Ini adalah hal yang paling utama, dimana anak akan merasakan kasih sayang dan kelembutan dari orang tua saat dipijat. Kasih sayang meruapakan hal yang penting bagi pertumbuhan anak. Sentuhan hangat dari tangan dan jari orang tua tidak hanya memberikan rasa rileks pada anak namun juga anak akan merasakan kasih sayang orang tua secara nyata. Hal ini juga akan bermanfaat untuk lebih mengakrabkan sosial antar aanak dan orang tua, sehingga akan terbentuk pula komunikasi yang berdasarkan kasih dan sayang antara anak dan orang tua. Cara lain untuk menyatakan kasih sayang secara nyata kepada anak adalah dengan memberi pelukan hangat kepada anak. 
  • Menguatkan otot, pijatan terhadap anak akan sangat bagus untuk menguatkan otot anak, terutama pada bayi yang setiap bagian fisiknya perlu untuk distimulasi. Sedangkan untuk anak yang sudah cukup besar, akan merilekskan otot-otot setelah bermain seharian.

  • Membuat fisik lebih sehat, Peredaran darah akan lancar dan akan membantu proses pencernaan serta memperlancar pernafasan, dari manfaat pijat tersebut tetntu saja akan membuat anak lebih sehat.
  • Membantu pertumbuhan, terutama pada bayi. pertumbuhan pada bayi seperti berat badan akan lebih baik.
  • Meningkatkan kepekaan indra yang akan sangat membantu anak dalam belajar, dengan memijat setiap bagian fisik tubuh anak, selain memberikan rasa rileks pijat bayi juga akan merangsang indra anak, seperti indra peraba, penglihatan dan pendengaran yang sekaligus juga akan merangsang otak sehingga akan meningkatkan daya ingat anak.
  • Membuat anak lebih tenang, terutama sebelum tidur dan setelah beraktifitas aktif anak akan lelah, moment ini sangat pas bila orangtua memberikan pijatan pijatan lembut sehingga akan merilekskan fisik dan pikiran anak yang akan membawa anak tidur dengan tenang. Hal ini sangat diperlukan terutama bila orang tua memiliki anak yang hiperaktif.

Demikian beberapa manfaat dari pijat bayi untuk anak, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia, terimakasih.