Mengenalkan pentingnya uang dalam kehidupan dan Mengajarkan anak untuk menabung sebaiknya dilakukan sejak dini agar nanti ketika anak beranjak dewasa dapat mengatur keuangannya dengan baik. Mereka bisa menyimpan uang dan membelanjakannya sesuai dengan kebutuhannya.

Kita bisa belajar dari orang-orang sukses, mereka pintar dalam pengaturan keuangan. Kapan waktunya menyimpan uang dan membelanjakannya. Tindakan mereka terbentuk tidak dalam waktu yang singkat. Mereka belajar dari pengalaman dan bimbingan orang tuanya sejak kecil.

Dalam realitas kehidupan sering kita temukan bahwa kondisi anak dari keluarga yang berkecukupan dengan yang kurang mampu cukup berbeda. Kebanyakan anak dari keluarga  yang berkecukupan kurang bisa mengatur keuangannya karena uang dirasakan bukan barang sulit untuk dicari. Jika orang tua tidak bisa membimbingnya maka menyebabkan anak cenderung menjadi manja dan boros.

Berbeda halnya dengan anak dari keluarga kurang mampu. Mereka betul-betul merasakan pentingnya uang. Mereka akan berhati-hati sekali dalam membelanjakan uang karena mereka tahu betul sulitnya orang tua mencari uang. Mereka tahu betul bahwa tindakan menghambur-hamburkan uang adalah tindakan tidak baik.

Mengajarkan anak menabung bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya:

  1. Membukakan rekening tabungan anak di bank. Beritahu kepada anak bahwa menyimpan uang di bank memiliki banyak manfaat selain aman, uang anak akan bertambah seiring waktu dan mereka bisa membeli apa yang mereka butuhkan di kemudian hari. Kegiatan menabung di bank bisa menjadi aktifitas anak yang menyenangkan. Anak bisa menarik uang di atm dan belajar mengantri untuk menabung.
  2. Menyiapkan kotak tabungan di rumah. Beritahu ke anak untuk menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung di celengan. Nah, orang tua bisa membelikan mainan anak agar anak tertarik untuk menabung misalnya Celengan ATM yang dilengkapi dengan kartu ATM. Anak bisa menyimpan dan menarik uangnya dengan kartu ATM-ATM an.
  3. Menjanjikan kepada Anak Liburan ke suatu tempat yang mereka sukai  jika mereka mau menabung. Dengan memberi hadiah liburan maka anak akan dengan semangat untuk menabung. Liburan anak dapat menambah pengalamannya dan bisa menambah kecerdasannya.
  4. Orang tua harus bisa memberikan contoh kepada anak pentingnya menabung. Jangan anda menyuruh anak menabung tapi anda sendiri menunjukkan sikap boros. Anak biasanya akan melihat dan  mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya.  Sebagai orang tua harus bisa menunjukkan sikap yang baik seperti berhemat ketika kondisi keuangan sedang tidak baik. Beritahu dan jelaskan kondisi tersebut kepada anak. Ajak anak untuk ikut berhemat.

Semoga beberapa tips di atas bisa mengajarkan dan memotivasi anak agar antusias untuk menabung guna menyiapkan masa depannya yang lebih baik.