Banyak faktor penyebab anak susah tidur, namun perlu Anda kethui perbedaan individual dalam pola dan proses tidur anak. Bila diperhatikan setiap individu dalam hal ini anak, memiliki pola dan proses tidur yang berbeda-beda, ada yang bisa tidur dengan nyenyak, tidur panjang dan ada juga yang sebentar-sebentar terbangun dari tidurnya dan gelisah. Dalam beberapa kasus ada juga yang membutuhkan stimulasi berlebihan agar dia bisa tertidur.

Untuk mengatasi anak yang susah tidur, Bunda harus sabar dan telaten. Berikut ini beberapa solusi yang dapat bunda praktekkan.

  • Tentukan jam tidur yang konsisten kepada anak. Apabila anak diajarkan tidur pada jam yang sama, anak akan terbiasa dan otomatis tidur pada jam tersebut. Bangunkan anak di pagi hari, dan atur juga waktu tidur siangnya. Dengan demikian anak akan terbiasa serta dapat melatih kedisiplinan anak.

  • Ajarkan kepada Anak tentang perbedaan Pagi, Siang dan Malam. Buka jendela kamar anak saat pagi hari agar udara segar dapat masuk kekamar dan juga agar cahaya bisa masuk. Ajak anak bermain aktif disiang hari, dan usahakan anak tidur siang pada waktu yang tepat, jangan sampai tertidur di sore hari, sebab bila sore sudah tidur pulas, maka malamnya anak susah untuk diajak tidur. Berilah pengertian jika malam itu waktunya untuk tidur.
  • Pastikan badan anak sudah bersih dan nyaman, sebelum anak tidur pastikan kondisi tubuh anak bersih, posisi berbaringnya nyaman, serta tempat tidurnya bersih. Hal ini bertujuan agar anak nyaman ketika akan tidur. Pastikan pula suhu di kamar tidak terlalu dingin ataupun panas, sehingga Anda dapat memberikan selimut bila dingin dan kipas angin bila panas.
  • Ajak anak untuk berbaring di tempat tidur. Berikan hal-hal yang menarik agar anak bisa enak dan nyaman saat akan tidur, misalkan saat jam mendekati waktu tidur anda mengajak anak untuk berbincang-bincang ataupun bercerita. Sehingga tercipta suasana hangat antara anak dengan anda di tempat tidur dan anak akan merasa nyaman.
  • Berbaring di samping anak dan ciptakan suasana kantuk, apabila anak dimalam hari susah untuk tidur dan masih ingin mengajak bermain, anda dapat membuat suasana mengantuk dengan memberi isarat isarat bahwa anda sudah akan tidur. Dengan demikian anak akan ikut tertidur.
  • Jauhkan dari keramaian atau suarasan yang mengganggu. apabila anak tidak bisa tidur akibat suasana rumah atau kamar ramai, maka usahakan agar suasana menjadi tenang atau jauhkan dari sumber suara.

Demikian beberapa tips untuk anak yang sulit tidur, semoga pembaca setia memperoleh manfaat yang diinginkan. Terimakasih.