Belajar adalah kegiatan anak untuk menambah wawasan keilmuwan dan menjadi salah satu kewajiban anak. Tapi ada sebagian anak yang merasakan belajar adalah kegiatan yang membosankan. Akibatnya anak menjadi malas belajar. Penyebab malas belajar anak bisa disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti gizi atau asupan makanan,kesehatan dan kondisi kejiwaan, sedangkan faktor eksternal adalah faktor lingkungan sekitarnya seperti tata ruang, faktor peran orang tua, pengaruh teknologi misal smartphone dan internet.

Pada prinsipnya mengatasi anak yang malas belajar adalah dengan membuat anak menganggap belajar adalah kegiatan yang menarik, menyenangkan atau membuat mereka sadar bahwa belajar adalah suatu kebutuhan.

Beberapa tips bisa membantu mengatasi anak yang malas belajar:

  1. Berikan pemahaman yang baik kepada anak tentang manfaat belajar dan apa yang akan mereka raih jika mereka berhasil dalam belajar, jika perlu berikanlah hadiah setiap anak berprestasi.
  2. Ciptakan suasana ruangan belajar yang cukup nyaman dan menyenangkan bagi anak. Ruangan yang bersih,tertata rapi akan dapat membantu konsentrasi belajar anak.
  3. Tanamkan kebiasaan membaca kepada anak sejak dini. Kebiasaan membaca pada anak akan sangat membantu dalam proses belajar. Karena sudah menjadi kebiasaan membaca, anak merasakan belajar adalah sebagai menu utama harian yang harus mereka makan dan cerna.
  4. Sebaiknya orang tua bisa memberi contoh tindakan yang baik ketika anak sedang belajar. Misalnya tidak menonton televisi atau bermain game dengan smartphonenya.
  5. Malas belajar bisa disebabkan oleh kondisi kejiwaan anak yang kurang baik. Oleh karena itu orang tua hendaknya bisa menyelami masalah anak dan segera mencarikan solusi terhadap masalah yang sedang mereka hadapi.
  6. Belajar yang paling menyenangkan adalah belajar kelompok karena dengan belajar kelompok mereka bisa belajar dan saling berinteraksi jika menemukan masalah. Antara satu dengan anggota kelompok lain bisa bekerjasama untuk membantu memecahkan soal soal disekolah.
  7. Berikanlah kepada anak makanan yang cukup gizi sehingga kondisi badan anak fit dalam belajar. Siapkan buah dan camilan secukupnya ketika anak belajar.