Ada banyak tempat wisata di Jogja untuk anak dan keluarga yang dapat dikunjungi. Jogja adalah salah satu kota yang kaya akan wisata dan cocok untuk anak-anak. berikut ulasan 5 tempat wisata di Jogja yang menjadi favorit bagi anak-anak dan keluarga.

Taman pintar 

Berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta, Taman Pinttaman pintarar ini dapat dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak dan cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga. Nama-nama wahana yang ada di dalam Taman pintar unik dan dapat membangkitkan keingintahuan anak. Seperti Parabola berbisik, dinding berdendang, pipa bercerita, cakram spektrum warna, air menari, form batu, tapak pintar, desaku permai, sistem katrol dan lainnya. Selain itu juga ada rumah pohon, istana pasir, kolam air dan jembatan goyang. Semua dirancang untuk membangkitkan keingintahuan anak. Mereka akan langsung bisa merasakan sendiri fenomena sains. Taman Pintar Jogja mempunyai fasilitas seperti gedung Oval yang memaparkan bagaimana alam semesta itu terbentuk. Keluar dari gedung Oval, ada Gedung Kotak yang memutar film 4D yang bisa dinikmati anak dan keluarga. Ada juga playground yang dikhususkan untuk anak yaitu Paud yang didirikan untuk anak usia 2 sampai 7 tahun. fasilitas lainnya juga tersedia seperti, Ruang tunggu, ruang sains dan teknologi, perpustakaan, Ruang profesi, ruang Budaya dan Religi. Ruang Komputer Kids, Ruang Puzzle Balok, dan sebagainya.

Keraton Yogyakarta.

Keraton YogyakartaTempat Wisata Keraton Yogyakarta dapat digunakan untuk sarana edukasi yang cocok untuk anak-anak. Kraton Yogyakarta sampai saat ini sebenarnya masih digunakan, akan tetapi Anda bisa berkunjung ke tempat ini untuk melihat aktivitas didalam keraton. Jangan kaget ketika anda berkunjung kesini terdapat turis-turis asing. Para wisatawan bisa belajar secara langsung budaya Jawa. Keraton Yogyakarta sendiri dibuka untuk obyek wisata dengan dua loket masuk yakni tepas keprajuritan dan tepas pariwisata. Jika anda masuk di tepas keprajuritan yang berada di dekat alun-alun utara, anda akan melihan beberapa koleksi kereta kraton. Sedangkan untuk tepa pariwisata, Anda akan memasuki kompleks sri manganti dan kedhaton. Lokasinya tak jauh dari taman pintar, yakni tepat berada disebelah selatan alun-alun utara Yogyakarta.Wisata ini menjadi favorit bagi anak-anak. Karena nuansa tradisional yang dipresentasikan di tempat wisata ini dapat membawa suasana asik dan santai.

Kebun Binatang Gembira Loka.

Tempat wisata ini memiliki koleksi hewan yang dirawat dengan baik. Disini aGembira Lokanak dapat melihat langsung beberapa hewan seperti kijang, singa, macan, jerapah, zebra, buaya, kuda nil dan lainnya. Ada juga olam besar yang biasa digunakan untuk naik perahu atau sepeda air. Udara sejuk dan tempat yang rindang sangat menjadi favorit untuk buah hati anda. Anak anda bisa naik gajah atau unta yang tersedia di Gembira Loka ini tentu saja di tempat yang memang sudah menjadi salah satu unggulan di tempat ini. Bila lelah berkeliling wisatawan bisa beristirahat di sebuah taman yang sejuk dengan beberpaa fasilitas seperti jungkat jungkit, ayunan, roda putar dan sebagainya. Kebun binatang ini berada dijalan Kebun Raya no 2 Yogyakarta. dengan harga tiket terjangkau, kebun binatang ini tidak pernah sepi pengunjung.

Museum Mainan Anak Kolong Tangga.

Mainan Anak Kolong TanggaTempat wisata di jogja yang menjadi favorit anak selanjutnya adalah Museum mainan anak dengan nama “Kolong Tangga” karena letaknya dibawah tangga menuju concert hall Taman Budaya Yogyakarta. Lokasi Museum ini diantara Taman Pintar dan pasar Buku Bekas Yogyakarta. Walaupun ukurannya kecil, Museum ini memiliki 400 koleksi mainan dari seluruh indonesia dengan interior berwarna warni cerah dengan penuh cahaya yang tentu saja akan menjadi favorit bagi anak anda. Mengaapa yang dipamerkan berupa koleksi mainan tradisional? ini semua karena pendiri Museum Anak Kolong tangga menginginkan agar anak-anak Indonesia selalu mengenal tradisi dan budaya bangsa sendiri, yang salah satunya melalui mainan dan permainan tradisional. Permainan tempo dulu menurut pendiri memiliki pesan-pesan moral dan dapat dijadikan panutan dalam hidup dan bermasyarakat. Selain itu permainan tradisional juga merupakan media yang tepat untuk belajar baik materi maupun proses dan bahkan fungsi dari permainan itu sendiri.

Kids Fun.

Kids FunMerupakan salah satu arena bermain anak yang berada di Jogjakarta. Kods Fun Jogja termasuk salah satu wahana bermain anak yang terbesar juga di kota jogja. dengan luas lahan sekitar 5 hektar, taman bermain anak ini memilih daerah pinggiran jogjakarta sebagai tempatnya. Persis lokasinya berada di jalan wonosari km.10 Sitimulyo, piyungan, Bantul Yogyakarta. Dengan lokasi luas, Kids Fun dilengkapi berbagai macam wahana permainan anak yang tentu saja menjadi favorit bagi anak. di lokasi ini terdapat juga kolam berenang untuk anak (rekomendasi artikel : Manfaat berenang untuk Anak). Seharian bermain dan bersenang-senang di lokasi ini dapat menjadi refreshing yang sangat menyenangkan bagi anak.

Demikian 5 tempat Wisata Favorit Anak di Jogja, semoga artikel ini dapat menjadi refrensi rekreasi pembaca dengan keluarga. direkomendasikan untuk Anda juga membaca artikel Tips Memilih Tempat Wisata Untuk Anak. Terimakasih.