Masa anak-anak adalah fase penting pertumbuhan dimana anak akan dapat menemukan minat dan bakat dari bermain dan belajar. Peran orang tua dalam hal ini adalah membantu mengarahkan dan membantu mengembangkan bakat dan minat anak.

Tentunya orang tua harus tahu dimana bakat dan minat anak. Orang tua bisa melihat aktifitas hariannya dan menilai dari komunikasi yang dijalin setiap hari dengan anak. Apa kelebihan dan kekurangan anak. Selain itu orang tua harus tahu juga tipe kecerdasan yang dimiliki oleh anak.

Tipe kecerdasan anak dibedakan menjadi 4 yaitu:

  1. Kecerdasan Musikal
  2. Kecerdasan Intrapersonal
  3. Kecerdasan Visual Spasial
  4. Kecerdasan Interpersonal
  5. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan Musikal  adalah tipe kecerdasan anak ditunjukkan oleh kemampuan anak dalam mengingat lagu dengan mudah. Anak dengan mudah dan  cepat menangkap nada-nada pada setiap lagu dan mengikuti iramanya. Anak suka dengan suara alat alat musik  dan mencoba dan berusaha untuk memainkannya

Kecerdasan Intrapersonal adalah tipe kecerdasan yang ditunjukkan oleh kemampuan anak dalam menghadapi apa yang terjadi di luar dirinya dan lingkungannya. Biasanya anak ini mempunyai rasa percaya diri tinggi,  tidak penakut dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, semangat yang pantang menyerah dan tidak mudah minder atau pemalu.

Kecerdasan Visual Spasial adalah tipe kecerdasan yang erat kaitannya dengan konsep ruang. Anak bisa membedakan posisi, letak dan bisa membayangkan benda dari sudut pandang dilihat dari atas,bawah,dan samping.

Kecerdasan Interpersonal adalah tipe kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak membangun hubungan  sosialisasi dengan teman-teman di luar dirinya.

Kecerdasan Kinestetik adalah berhubungan dengan kemampuan daya gerak anak yang melibatkan anggota tubuhnya seperti olahraga,menari,melompat dll.

Masuk kategori tipe kecerdasan manakah anak anda? Jika anda bisa menjawabnya maka cobalah bantu dengan menyiapkan apa yang anak butuhkan. Cobalah belikan mainan-mainan yang membantu anak  menambah tingkat kecerdasannya. Semakin dini orang tua mengetahui bakat dan minat anak maka semakin mudah membentuk jiwa dan kepribadiannya menjadi anak yang cerdas dan sukses di kemudian hari.