Namanya juga anak-anak, pasti suka bermain. Apa lagi bila melihat mainan kesukaannya dari iklan di televisi, toko, ataupun gambar-gambar iklan, dengan tetapan mata bersemangat dan penuh harapan ia akan meminta orang tuanya untuk membelikan mainan tersebut. Ya, terkadang orang tua tidak tega bila harus mempupuskan harapan anak. Sebagai orang tua tentu saja ingin agar anaknya senang. Namun, perlu diperhatikan juga dari segi kebutuhannya. Nah, berikut ini ada beberapa tips Cerdas Belanja Mainan Anak. Agar mainan yang Anda belikan untuk anak dapat bermanfaat bukan sekedar untuk kesenangannya tetapi juga untuk tumbuh dan kembang anak Anda.

  1. Sesuaikan dengan usia anak Anda, Sebagai orang tua kejelian dalam memilih barang yang akan di gunakan anak adalah sebuah keharusan. Perlu di baca terlebih dahulu label / keterangan pada kemasan mainan sebelum memutuskan untuk membeli mainan anak tersebut. Sesuaikan dengan batas umur yang ada pada keterangan mainan tersebut.
  2. Pertimbangkan dari segi Ukuran, Bagi Anda yang memiliki anak berusia di bawah tiga tahun. ukuran dari mainan perlu diperhatikan karena Kecinderungan anak dalam observasi lingkungan dan hal-hal baru dengan memasukkan barang kedalam mulut dapat beresiko bila barang tersebut dapat masuk kemulut anak. Pilihlah ukuran mainan yang besar, sehingga tidak muat jika anak mencoba memasukkannya kedalam mulut.
  3. Selain ukuran, pertimbangkan juga dari segi tekstur mainan. Jika anak anda masih dibawah tiga tahun, Hindari mainan yang memiliki tekstur tajam dan keras. Seperti sudut-sudut mainan, carilah mainan yang sudut-sudutnya tidak lancip atau runcing sehingga tidak berbahaya bagi anak anda.
  4. Perhatikan bahan mainan, carilah referensi bahan-bahan mainan yang aman untuk mainan anak. sehingga anak anda dapat terhindar dari keracunan ataupun dari dampak negatif bahan yang seharusnya tidak digunakan untuk membuat mainan anak.
  5. Selain dari segi keamanan di atas, Perlu dipertimbangkan juga segi kegunaan atau manfaatnya. Pilihlah mainan yang dapat memberikan pembelajaran / edukasi kepada anak. Misalkan mainan yang dapat mengembangkan imajinasi anak, memberikan pembelajaran matematis ataupun pembelajaran membaca untuk anak, atau yang bermanfaat untuk melatih kecerdasan otak anak. Sehingga selain bermanfaat untuk kesenangan, juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  6. Sesuaikan dengan anak Anda, Apakah anak anda perempuan ataukah laki-laki sering kali ada beberapa mainan yang memiliki kekhususan untuk perempuan atau laki-laki.
  7. Jangan hanya membelikan mainan yang dapat dimainkan secara individu oleh anak. Hal ini penting agar anak merasa memerlukan teman atau orang lain untuk memainkan mainan tersebut Sehingga dapat melatih sosialisasi anak, antara anak dengan teman-temannya ataupun dengan orang tuanya.

Demikian, tips cerdas membeli mainan untuk anak anda. ketelitian, kehati-hatian dan kecermatan orang tua dalam memilih mainan untuk Anak akan berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Ada juga beberapa mainan-mainan tradisional yang dapat Anda belikan untuk Anak Anda. Karena permainan tradisional juga sangat bermanfaat untuk tumbuh dan kembang anak anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca setia. Terimakasih