Rasa takut pada anak bisa beragam jenisnya seperti takut gagal, takut gelap, takut binatang, takut salah, takut sendirian, dan masih banyak lagi.  Memiliki rasa takut dinilai wajar asalkan tidak berlebihan. Pada anak anak rasa takut dapat terjadi dapat muncul dari perkembangan interaksi dan lingkungan. Ketakutan yang dialami oleh anak anda akan memiliki rasa tidak nyaman, khawatir dan kepanikan.

Menurut Dr. Martin Leman, DTMH, Sp.A, rasa takut adalah hal yang normal, dan hal yang dapat dipahami. Justru rasa takut inilah yang membuat anak dan kita sendiri menjadi terhindar dari berbagai bahaya.  Secara tidak sadar bahkan kita sebagai orang tua sering  kali mengajarkan anak untuk takut.
Walaupun kesannya sepele, namun sebenarnya mampu tidaknya orang tua membantu anak untuk mengatasi ketakutan dan membangun keberanian ini  memiliki dampak yang besar di kemudian hari. Anak yang kurang berhasil mengatasi ketakutan-ketakutan masa kecilnya, biasanya cenderung menjadi penakut dan kurang percaya diri dikemudian hari. Sebaliknya anak yang dapat mengatasi ketakutan masa kecilnya biasanya tumbuh menjadi berani dan punya percaya diri.

Apa yang harus dilakukan sebagai Orang tua untuk membantu anak mengatasi dan mengendalikan rasa takut agar tidak terlalu berlebihan:

  1. Hindari mencemooh anak dengan rasa takut yang dialaminya. Pada usia anak anak dengan cara seperti itu akan membuatnya tidak percaya diri sehingga perkembangannya dalam memunculkan keberanian dalam diri akan sulit.
  2. Identifikasi masalah yang menyebabkan rasa takut dan berilah penjelasan dengan sebaik-baiknya sehingga anak dapat merasa nyaman dan mengelola rasa takut dalam tingkat yang wajar.
  3. Berikanlah ruang dan waktu bagi anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya sehingga mereka merasakan nyaman. Adaptasi dengan lingkungan sekitar yang baik dapat mengurangi rasa takut.
  4. Cobalah ajak anak beraktifitas bermain dengan banyak teman. Mereka akan merasa saling terlindungi satu dengan yang lainnya dari rasa takut.
  5. Dalam mengatasi rasa takut anak Anda memang harus pandai mengatur sikap. Jangan terlalu serius, tapi juga jangan anggap remeh. Jangan juga memberi kesan bahwa ketakutan itu sesuatu yang salah.

Menangani rasa takut anak dengan cara yang tepat akan membuat anak lebih ceria,percaya diri dan berani  dalam menghadapi kesehariannya dan mengenal dunia apa adanya.