Obesitas adalah kelebihan berat badan yang diakibatkan oleh penimbunan sel-sel lemak dalam tubuh. Obesitas bisa terjadi pada anak maupun orang dewasa. Obesitas pada anak menjadi hal yang banyak di kawatirkan oleh orang tua. Anak yang mengalami obesitas biasanya akan susah mengontrol nafsu makan mereka sehingga anak akan mendapatkan energi tubuh yang lebih dari cukup. Jika anak tidak mengimbanginya dengan aktifitas yang cukup maka energi yang masih ada akan disimpan dan ditimbun menjadi sel-sel lemak dalam tubuh yang bisa menyebabkan obesitas.

Di satu sisi, orang tua ingin melihat anaknya sehat,gemuk dan lucu dan ada yang ingin anaknya tidak kurus tapi disisi lain tidak ingin anaknya kelebihan berat badan. Orang tua biasanya senang melihat anaknya gemuk dan lucu. Apalagi melihat anaknya tidak susah untuk makan. Makanan apa saja diberikan untuk merangsang nafsu makan mereka. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak seperti coklat dan permen, minuman dan makanan yang mengandung gula, junk food, kue, coklat dan juga jenis makanan yang mengandung kacang-kacangan dan keju berlebihan dikenali bisa menyebabkan terjadinya obesitas.

Perlu diketahui Obesitas bukanlah sebuah penyakit tapi akibat yang ditimbulkannya biasanya akan menjadi sebuah penyakit jika tidak di antisipasi sejak dini bisa menyebabkan komplikasi penyakit bahkan kematian. Obesitas bisa menyebabkan penyakit jantung dan diabetes melittus misalnya. Oleh karena itu, obesitas harus dikendalikan.

Obesitas pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor pola makan, keturunan, dan kurangnya olahraga. Nah untuk mencegah obesitas pada anak, anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

1. Memberikan pelajaran pola makan yang sehat

Mengajarkan kepada anak mengkonsumsi makan-makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan  Makanan fastfood siap saji yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan anak.

2. Ajaklah anak untuk senang melakukan kebiasaan berolahraga seperti berlari,berjalan,berengang, bersepeda, dll.

Dengan adanya aktifitas yang cukup maka penimbunan sel lemak akibat pola makan yang melebihi kebutuhan dapat dikurangi. Aktivitas yang cukup diperlukan untuk membakar kelebihan energi yang ada. Jika hal ini tidak terjadi, maka kelebihan energi akan diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam sel-sel lemak.

3. Obesitas bisa menurun dari orang tua. Untuk mengatasinya adalah pentingnya peran orang tua dalam pengasuhan anak terutama dalam menerapkan menu diet sehat untuk anak dan menanamkan pentingnya berolahraga yang cukup.

Mencegah obesitas pada anak bisa menghindarkan anak dari serangan penyakit yang diakibatkan obesitas seperti penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu anak harus tahu dan belajar pentingnya pola makan sehat dan olahraga yang cukup untuk kesehatan tubuhnya.