Tentu saja sudah kita ketahui bahwa anak harus mendapatkan gizi yang terbaik sehingga pertumbuhannya optimal. Sayur adalah salah satu sumber gizi yang baik untuk anak. Namun biasanya, sayur menjadi makanan yang kurang atau bahkan tidak diminati oleh anak-anak. Disinilah peran orangtua sangat diperlukan untuk mendampingi dan mengajari anak agar mau memakan sayur.

Berikut ini beberapa tips agar anak menyukai sayuran,

  1. Memberi kesan pada anak bahwa sayur itu lezat. Saat acara makan bersama tunjukkan minat orang tua terhadap sayuran. Ini akan sangat efektif karena anak cinderung akan meniru apa yang mereka lihat.
  2. Kombinasikan sayur dengan menu kreatif. Tambahkan sayuran ke dalam makanan favorit anak Anda dengan menampilkannya secara kreatif dan menarik.
  3. Sertakan anak dalam menyiapkan makanan, Ajak anak anda untuk berbelanja sayuran, biarkan anak untuk memilih sayuran yang ia mau. hal ini akan memudahkan anak untuk memakan sayuran karena ia yang telah memilih apa yang akan di makan. ajak juga anak anda untuk ke dapur, libatkan mereka dalam acara memasak. berikan pekerjaan yang mudah misalkan merobek daun selada, mengupas kulit jagung, ataupun sekedar mencuci sayuran, Sementara anak anda yang usianya lebih besar bisa diminta untuk memotong sayuran untuk salad serta menghidangkannya di piring.
  4. Barikan motivasi atau pengetahuan tentang manfaat sayuran dengan membaca cerita atau dongeng, kartun edukasi, ataupun melalui media permainan anak dengan mainan berbentuk sayur-sayuran.
  5. Jangan memaksa anak, betapapun pentingnya sayuran, tidak berarti Anda harus memaksa anak untuk memakan sayuran. Karena ajaran orang tua akan membekas sampai dewasa kelak. Berilah pengertian,bujukan yang mudah dimengerti anak.

Semoga artikel Tips Mengajarkan Makan Sayuran pada Anak ini dapat bermanfaat bagi pembaca.